Loading...

Saturday, April 15, 2017

Cek Harga Suzuki GSX R1000R, Review & Spesifikasi di bulan April 2017

Suzuki kembali meluncurkan produk barunya di segmen sport bike, yaitu Suzuki GSX R1000R. Motor sport buatan Suzuki ini resmi dirilis di Inggris pada bulan Oktober 2016 lalu dan sudah mulai tersedia di dealer pada Mei 2017 mendatang. Selain itu, motor sport yang berkapasitas 1000 cc ini pun nantinya akan menjadi salah satu penantang kuat bagi Kawasaki H2R dan juga Yamaha R1/M di mana Suzuki GSX R1000R dan kedua saingannya tersebut sama-sama mengusung spesifikasi yang begitu mumpuni. Di sisi lain, motor sport pabrikan Hamamatsu, Jepang ini sebenarnya merupakan salah satu dari dua varian berbeda, yakni GSX R1000 standar dan GSX R1000R. Meski hanya berbeda satu huruf namun harga Suzuki GSX R1000R dan GSX R1000 memiliki selisih yang berbeda cukup jauh. Akan tetapi, jika melihat keseluruhan, antara GSX R1000 dan GSX R1000R tampaknya hanya sedikit perbedaan.

Jika melihat pada spesifikasi yang diusung Suzuki GSX R1000R ini, tampaknya memang sama sekali tak boleh dianggap sepele. Sebab, moge buatan pabrik asal negeri Bunga Sakura ini memang dihadirkan dengan meniru model MotoGP pada GSX-RR. Sektor eksterior yang juga bisa dibilang sebagai bodi, nuansa lebih fresh dan sporty pun ditunjukkan oleh Suzuki pada Suzuki GSX R1000R ini. Bahkan, meski tipe bodi yang digunakan itu menggunakan Full fairing, namun mengenai desain dapat dikatakan berbeda dari motor kelas 1000cc produksi para rivalnya. Hal tersebut memang tak lepas dari GSX R1000R ini yang memang dikhususkan bagi konsumen pecinta motor bergaya sporty. Sehingga, desain pada bodi dari Suzuki GSX R1000R memang tampak dirancang ala model Moto GP. Sementara itu, untuk mesinnya sendiri akan mengusung mesin berteknologi canggih di mana GSX R1000R akan mengusung mesin berkapasitas 998 cc tipe DOHC Liquid Cooled yang siap memberikan semburan tenaga pacu super maksimal.

Cek Harga Suzuki GSX R1000R, Review & Spesifikasi di bulan April 2017
 sektor kaki-kaki pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R tampaknya juga tak luput dari perhatian. Pasalnya, pihak Suzuki pun membekali sektor kaki-kakinya ini dengan suspensi tangguh guna menyokong beban dan mengatur keseimbangan serta kenyamanan dalam berkendara. Berkaitan dengan suspensi, kali ini Suzuki GSX R1000R akan mengandalkan SHOWA BFF, Inverted telescopic, coil spring, oil damped pada bagian kaki-kaki depan. Sementara itu di sisi belakang, akan menggunakan tipe SHOWA BFF-Lite Shock, Link type, coil spring, oil damped. Seluruh suspensi yang disematkan Suzuki tersebut siap menjadi sokongan yang kuat dan kokoh dalam menjaga keseimbangan maupun bobot dari Suzuki GSX R1000R sehingga akan membuat pengemudi lebih nyaman dalam berkendara, terutama ketika melewati medan jalan berlubang atau bergeronjal mengingat kedua suspensi tersebut juga diketahui mampu menahan atau meredam setiap getaran ketika Suzuki GSX R1000R digunakan untuk berkendara di jalanan yang berlubang. Tak hanya itu saja, velg sporty berdiamaeter 17 inci pun siap menjadi pendukung suspensi dengan balutan ban tubeless bermerk Bridgestone RS 10 di mana untuk bagian depan, akan menggunakan ban berukuran 120/70ZR17M/C dan untuk bagian belakangnya ban dari Suzuki GSX R1000R ini berukuran 190/55ZR17M/C. Terlepas dari itu, sektor pengeremannya pun juga bakal dibekali teknologi pengereman yang cukup canggih dan handal. Sebab, Suzuki sendiri akan mengandalkan rem Brembo, Disc, Brembo 4-piston, Disc, twin pada bagian depan Suzuki GSX R1000R dan Nissin, 1-piston, Disc single pada bagian belakang di mana keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi ABS sistem. Sehingga, bisa dipastikan bahwa pengereman pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R akan lebih handal dan berkualitas guna menunjang keselamatan si pengemudi.

Cek Harga Suzuki GSX R1000R, Review & Spesifikasi di bulan April 2017

menginjak pada sektor berikutnya, Mas Sena akan menilik sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Suzuki GSX R1000R. Sebagaimana namanya dengan embel-embel “1000R” tentu bisa dipastikan bahwa mesin yang akan digunakan pun akan menginjak angka tersebut. Dan benar saja, pada sektor permesinan ini Suzuki akan membekali motor sport besutannya ini dengan mesin berkapasitas 998.8 cc 4 langkah dengan 4 silinder dan bertipe DOHC. Dengan penggunaan teknologi mesin tersebut pada Suzuki GSX R1000R maka sudah bisa dipastikan bahwa dapur pacu yang diusung GSX R1000R tersebut mampu melepaskan tenaga super yang sangat gahar. Namun, untuk besaran tenaga semburan yang dihasilkan dan torsi maksimalnya sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, yang jelas bahwa teknologi pendinginan Liquid Cooled pun akan turut disematkan pada Suzuki GSX R1000R di sektor dapur pacunya untuk menstabilkan suhu mesin. Sehingga suhu mesin akan tetap stabil meski digunakan dalam kurun waktu yang lama. Di sisi lain, dengan sistem pengapian digital dan sistem pembakaran fuel injection, sudah tentu akan membuat kinerja mesin yang diusung Suzuki GSX R1000R ini menjadi lebih irit bahan bakar dengan perbandingan kompresi rasio hingga 13.2 : 1. Pastinya, dengan bekalan spesifikasi pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki GSX R1000R tersebut akan membuat laju motor menjadi lebih gesit namun tetap ramah lingkungan.

Harga Suzuki GSX R1000R

Setelah kita tahu bagaimana hebatnya spesifikasi yang diusung motor sport ini, saatnya Mas Sena untuk mengulas harga Suzuki GSX R1000R. Tapi, sebelum jauh berucap kata tentang banderol, tentu tak rugi jika Mas Sena akan sedikit memberikan penjelasan mengenai spesifikasi yang diuraikan di atas. Perlu diketahui kembali bahwa dengan banderol harga Suzuki GSX R1000R ini yang cukup mahal, motor ini merupakan motor sport bergaya MotoGP yang memang dibuat dan didesain khusus bagi ara pecinta motor sport. Hal itu pun diterapkan oleh Suzuki dengan bekalan bodi yang bergaya sporty dan gagah bak motor balap. Di sisi lain, untuk urusan permesinannya pun Suzuki GSX R1000R  ini juga tak diragukan lagi kehandalannya. Bahkan, beberapa fitur yang disematkan pun juga terbilang sangat canggih dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Cek Harga Suzuki GSX R1000R, Review & Spesifikasi di bulan April 2017

Berbicara soal harga Suzuki GSX R1000R, tampaknya tak perlu menebak-nebak sudah bisa diketahui. Pasalnya, jika didasarkan atas informasi yang telah Mas Sena dapatkan dari situs resmi Suzuki, harga Suzuki GSX R1000R ini nantinya akan dibanderol dengan angka yang mencapai $16.999 atau apabila dikonversikan ke nilai tukar rupiah akan setara dengan Rp 226 juta. 

Artikel Terkait

Cek Harga Suzuki GSX R1000R, Review & Spesifikasi di bulan April 2017
4/ 5
Oleh

Komentar Postingan

Ente suka sama postingannya ? Silahkan berlangganan via email.